News and Media

Pembangunan Landasan Pacu 3 Bandara Soetta

4 April 2018

PT Angkasa Pura II (Persero) tengah membangun Runway III Bandara Soekarno Hatta. Dengan adanya landasan pacu pesawat III tersebut diharapkan jumlah movement yang akan didapatkan bisa lebih tinggi dibandingkan saat ini karena, pesawat bisa lebih banyak lagi yang akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludin mengatakan, pembangunan Runway III Bandara Internasional Soetta mulai dilakukan pada minggu ketiga bulan maret 2018. Adapun biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp1,8 triliun yang berasa dal Penyertaan Modal Negara (PMN)

Awal menambahkan, pembangunan landasan pacu ketiga pada Bandara Soekarno Hatta tersebut akan memakan waktu sekitar 16 bulan sejak pengerjaannya. Artinya pada bulan Juli 2019, landasan pacu tersebut baru bisa dioperasikan.

“Proses pembangunan Runway kurang lebih sekitar 16 bulan, jadi kemungkinan baru bisa dioperasikan di 2019,” jelasnya.

Lebih lanjut Awal mengatakan saat ini progres pembebasan lahan untuk pembangunan Runway III telah mencapai 100 hektare. Sementara total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan itu sebesar 216 hektare.

Dirinya menargetkan, pada bulan September 2018 masalah pembebasan lahan sudah rampung seluruhnya. Sehingga pembangunan Runway 3 Soekarno Hatta bisa rampung di tahun 2019.

“Target pembebasan lahan seluruhnya tadi saya sudah bilang, jadi kami menargetkan sekitar September 2018 sudah selesai semua. Alhamdulillah perolehan lahan kita tembus 100 hektare dari rencana 216 hektare,” ucapnya.

RELATED NEWS

Address - Email

Jl. Abdul Muis No. 42,
Jakarta Pusat 10160 Indonesia
+62.21. 345 3265 info@indulexco.co.id